Komponen Utama Komputer

Ada empat komponen utama sebuah sistem komputer, yakni ; input devices, central processing (CPU), backing storage (storage devices) dan output devices. Input devices dan output devices di kelompokkan dalam satu bagian yang disebut peripheral yang terletak di sisi luar casing komputer. CPU dan backing storage dikelompokkan sebagai komputer dan biasa terletak di dalam casing utama komputer.

Perangkat keras ini, dikelompokkan menjadi :

A. Perangkat Keras Masukan (Input Device)

Input Device berfungsi sebagai media masukan data dari luar sistem ke dalam memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Perangkat keras yang termasuk ini diantaranya :

1. Keyboard

Keyboard berfungsi sebagai tempat pengetikan perintah dan masukan lain pada komputer

2. Mouse

Mouse adalah perangkat keras masukan yang digunakan untuk menggerakkan penunjuk mouse (pointer atau kursor)

3.Scanner

Scanner merupakan perangkat keras masukan yang berfungsi untuk memindah suatu obyek sehingga menghasilkan gambar elektronik dengan menggunakan sinar yang terlihat atau radiasi elektromagnetik lain seperti sinar laser. Cara kerjanya adalah dengan menempatkan sebuah obyek diatas kaca scenner.

B. Perangkat Keras Pemroses (Central Processing Unit)

Piranti pemroses adalah piranti yang bertugas memproses masukan yang diterima oleh komputer sehingga dihasilkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan, piranti pemroses dalam komputer adalah CPU (Central Processing Unit)

1. Processor

Processor merupakan nama singkat dari microprocessor dan sering di sebut CPU (central processing unit). Komponen ini berupa chip (IC/ Intregated Circuit) adalah sekeping silikon yang berukuran kecil persegi yang mengandung puluhan ribu transistor dan komponen elektrik lainnya.

Processor salah satu komponen yang terpenting dalam sistem komputer, Processor sering disebut sebagai otak komputer karena sebagai pemroses data.

2. Memory

Memory adalah ruang simpan sementara dalam chip komputer, memory terbagai atas main memory (penyimpan memory utama) dan backing storage (penyimpan cadangan).

3. Motherboard

Motherboard terkadang disebut sistem board, main board dan plannar. Komponen ini terdiri atas sejumlah komponen yang terpasang secara menetap (tak bisa dilepas) dan slot-slot atau socket untuk memasang komponen yang dapat dilepas, misalnya sound card, i/o card, cip mikroprosesor dan cip ram. Ada beberapa motherboard yang telah dilengkapi dengan i/o yang tidak dapat dilepas yang dikenal onboard.

Slot-slot motherboard memungkinkan pemakai melakukan ekspansi atau melakukan upgrade, istilah ekspansi merupakan meningkatkan kemampuan komputer dengan cara menambahkan komponen-komponen tertentu untuk melakukan tugas-tugas yang tak tercakup pada sistem sebelumnya.

4. Catu Daya

Catu daya (power supply) berfungsi sebagai pemasok listrik dalam rangkaian komputer. Masukan komponen ini berupa arus listrik bolak-balik (AC) selanjutnya catu daya mengonversi arus bolak-balik menjadi arus searah (DC), arus searah inilah yang sesungguhnya digunakan oleh komponen-komponen dalam komputer.

C. Perangkat Keras Pengeluaran (Output Device)

1. Monitor

Monitor merupakan piranti atau peripheral yang termasuk dalam softcopy. Ukuran monitor sama seperti ukuran telivisi, yakni didasarkan pada panjang diagonal dari area yang dapat kita lihat.

2. Printer

Printer adalah perangkat keras yang digunakan untuk membuat cetakan pada kertas.

D. Perangkat Keras Penyimpanan (Storage)

Merupakan penyimpan semua informasi non aktif di dalam komputer, penyimpanan ini dibedakan atas serial acces contohnya tape drive dan direct acces contohnya disk magnetic (hardisk), floppy disk (disket), CD/DVD ROM dan sebagainya.

Published in:Pengenalan Komputer |on January 15th, 2010 |No Comments »

Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.

Comments are closed.